Tokyo Kota Teraman di Dunia Tahun 2019, Siapa Selanjutnya?

Tokyo Kota Teraman Kedua di Tahun Dunia 2019, Siapa yang Pertama?

Tokyo Kota Teraman

Tokyo sekali lagi dinobatkan sebagai kota teraman di versi dunia dari Economist Intelligence Unit (EIU). Ini adalah ketiga kalinya ibukota Jepang mendapat peringkat sebagai kota teraman di dunia, dalam laporan dua tahunan yang dirilis oleh penyedia analisis data yang berbasis di Inggris. Tokyo juga menempati peringkat pertama dalam daftar yang dirilis pada tahun 2015 dan 2017. Edisi ketiga dari indeks kota teraman dirilis pada Kamis (29/8/2019). Dilansir oleh The Economist, the Safest Cities Index 2019 menilai tingkat keamanan 60 kota di lima benua berdasarkan 57 indikator yang dibagi menjadi empat pilar, yaitu keamanan digital, infrastruktur, kesehatan, dan pribadi.

Kota Tokyo menempati posisi lima teratas untuk setiap pilar, dengan menjadi yang teratas untuk keamanan digital. Sementara itu, dalam hal keamanan kesehatan, ia berada di peringkat kedua, dan peringkat keempat untuk keselamatan pribadi dan infrastruktur. Kota teraman kedua di dunia adalah Singapura dengan skor 91,5 pada skala 100. Tokyo memiliki skor 92,0. Namun, Singapura lebih unggul dari Tokyo dengan peringkat pertama untuk infrastruktur dan keamanan pribadi, dan peringkat kedua untuk keamanan digital. “Secara keseluruhan, kekayaan memang merupakan faktor terpenting yang mendukung keselamatan. Tetapi tingkat transparansi, dan tata kelola, juga berkorelasi untuk menentukan skor indeks serta pendapatan,” kata editor senior EIU Naka Kondo seperti dikutip Channel News Asia.

Tokyo Kota Teraman di Dunia Tahun 2019, Siapa Selanjutnya?

Mengikuti Tokyo dan Singapura, dalam 10 kota teraman teratas di dunia berturut-turut yaitu Osaka (90,9), Amsterdam (88,0), Sydney (87,9), Toronto (87,8), Washington DC (87,6), Kopenhagen (87,4), Seoul (87,4), dan Melbourne (87,3). Enam dari 10 kota yang dinobatkan sebagai kota teraman berada di kawasan Asia-Pasifik (APAC). Namun EIU mengatakan, lokasi tidak memiliki hubungan yang signifikan secara statistik dengan peringkat dalam indeks. “Meskipun kota-kota APAC seperti Tokyo, Singapura dan Osaka terus berada di peringkat tiga kota teratas dalam Indeks, wilayah ini juga memiliki beberapa kota dengan skor terendah di dunia, seperti Yangon, Karachi dan Dhaka,” kata Kondo. Jadi apa peringkat Jakarta menurut laporan 2019 Safest Cities Index yang dirilis oleh EIU?

Dalam laporan itu, Jakarta berada di peringkat 53 dari 60 kota yang diteliti, dengan skor 54,5. Ibukota Indonesia termasuk dalam kelompok kota dengan tingkat keamanan yang masih di bawah rata-rata. Peringkat Indonesia lebih rendah data togel untuk tingkat keamanan digital, peringkat 55. Meskipun lebih baik dalam keamanan infrastruktur, peringkat 49, dan peringkat keamanan pribadi 43. Untuk keamanan kesehatan, Indonesia juga berada di peringkat 53. Economist Intelligence Unit (EIU) adalah bisnis yang adalah bagian dari Economist Group di Inggris, yang berfungsi memberikan laporan prediksi dan konsultasi melalui penelitian dan analisis, seperti laporan negara bulanan, prakiraan ekonomi negara lima tahun, laporan layanan risiko negara, dan laporan industri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *